March 14, 2005

Kominikasi Semut

Salam...

Penelitian ilmiah tentang semut menunjukkan adanya jaringan komunikasi yang luar biasa di antara makhluk ini. Dalam artikel di majalah National Geographic menjelaskan :

Semut berkomunikasi dengan mengeluarkan bebauan dari tubuhnya. Zat kimia yang dikeluarkan oleh semut dari koloni yang sama adalah berbeza dengan koloni yang lain. Itulah sebabnya jika dua semut bertemu akan saling menyentuh untuk saling "membaui" dan mengetahui asal-usul masing2. Jejak ini juga digunakan semut pekerja sebagai penanda tempat.

Semut juga memiliki metode komunikasi yang cukup berbeza daripada organ pancaindera mereka yang peka. Mereka menggunakan organ pancaindera ini setiap saat dalam hidup mereka, dari menemukan mangsa hingga saling mengikut sesamanya, dari membangun sarang hingga bertarung...


Al Quran memberi informasi menarik ketika kita membicarakan tentara Nabi Sulaiman as. dan menyebut adanya "sistem komunikasi" yang maju di antara semut. Ayat itu sebagai berikut:

Hingga apabila mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut: "Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.

(Surat An-Naml: 18)

...